The source code for this blog is available on GitHub.

Blog.

Minggu ke 5 Fase 0 Hacktiv8

Cover Image for Minggu ke 5 Fase 0 Hacktiv8
Fujianto
Fujianto
Posted underRants

Minggu ke 5 bootcamp di Hacktiv8 diawali dengan start yang lebih bagus dibanding diminggu sebelumnya, dikarenakan Live coding minggu ini hasilnya lebih sukses dibandingkan dengan minggu yang lalu. Materi soal dari Live coding minggu ini bisa dibilang lebih sulit, terutama untuk soal nomor 3 yang butuh untuk menggunakan Object dalam penyelesaiannya. Object sendiri sebenarnya sudah diajarkan pemakaiannya, cuma baru tahap perkenalan dan belum dibahas lebih dalam, Jadinya banyak kawan kawan yang terjebak dan tidak sempurna dalam pengerjaannya.

Untungnya saat mengerjakan soal untuk mencari Modus, Saya sudah bermain main dengan Object, terutama untuk mensorting value dari Object yang pada soal ini sangat vital untuk penyelesainnya. Untuk soal bonus roket nya sendiri malah sangat gampang yaitu penjumlahan dan perkalian nilai Multidimensional Array. Alhamdulillah nilai akhirnya bisa lebih dari 100 karena semua soal komplit dan dapat nilai dari soal bonus.

Materi pelajaran minggu ke 5 ini semakin seru dan njlimet, terdiri dari penggunaan Fungsi Rekursif, Regular Expression, Object Oriented Programming dan penggunaan Class dalam JavaScript. Saya sendiri agak kesulitan dalam memahami penggunaan rekursif dan butuh waktu banyak agar bisa nge-klik dalam penggunaan rekursif pada kasus kasus berbeda. Untuk Regex sendiri materinya masih sederhana dalam belum dibahas terlalu mendalam, walau sebenarnya fiturnya lumayan powerfull, terutama dalam manipulasi string.

Object Oriented Programming di JavaScript sendiri cukup berbeda dibanding dengan style OOP yang sebelumnya saya pelajari di Java dan PHP. Yang paling kentara, OOP di JavaScript tidak kelihatan tipe method nya itu public, private maupun protected. Sejauh ini Minggu ke 5 ini bisa dibilang yang paling terasa naiknya tingkat kesulitannya bagi saya pribadi, belum lagi harus persiapan untuk final live coding di hari selasa minggu ke 6. Semoga minggu ke 6 lebih lancar dari minggu ini.


More Stories

Minggu ke 6 Fase 0 di Hacktiv8

Final live coding yang ditunggu tunggu akhirnya datang juga. Berbeda dari Live coding di minggu minggu sebelumnya, Final livecoding ini Terdiri dari 6 soal wajib dan 1 soal bonus, yang wajib diselesaikan dalam waktu 2 jam. Materinya sih sebenarnya hampir sama dengan yang sebelum sebelumnya, cuma tingkat kesulitan soalnya lumayan meningkat pesat, terutama bagi peserta […]

Fujianto
Fujianto

Minggu ke 4 Fase 0 di hacktiv8

Minggu ke 4 di Hacktiv8 akhirnya datang juga. Minggu ini diawali dengan ujian Live coding ke dua, dengan tingkat kesulitan yang meningkat cukup tinggi. Untuk jumlah soalnya sih masih sama seperti biasa, 3 soal wajib dan 1 soal bonus. Lumayan apes juga Saya saat ngerjain Live coding minggu ini gara gara telat 5 menit datang […]

Fujianto
Fujianto