The source code for this blog is available on GitHub.

Blog.

Bekasi WordPress Meetup – February 2017

Cover Image for Bekasi WordPress Meetup – February 2017
Fujianto
Fujianto
Posted underEvent

Acara meetup resmi ke dua WordPress Bekasi kali ini membahas mengenai penggunaan program Local by Flywheel, berfungsi sebagai platform pengembangan WordPress pengganti Xampp / Wamp. Acara diadakan di pagi hari di lokasi yang sama di Sakala Coworking Space, tidak seperti pada meetup sebelumnya dimalam hari setelah jam kerja. Peserta acara meetup kali ini kebanyakan adalah wajah baru yang sebelum nya saya belum pernah bertemu di meetup WordPress Januari 2017. Selain dari member dari area Bekasi sendiri, datang juga Om Ivan Kristianto, Organizer Jakarta WordPress meetup yang jauh jauh datang ke Bekasi untuk ikut mengisi acara.

 

Untuk acara Workshop nya sendiri berjalan dengan mulus, membahas mengenai penggunaan Local by FLywheel untuk memudahkan developer, terutama Freelance developer dalam memotong waktu pengembahan WordPress secara signifikan. Fitur andalan nya adalah sistem server nya yang menggunakan Nginx dan Apache, sehingga mendekati keadaan hosting pada umumnya, 1 click install untuk instalasi WordPress, Fitur Blueprint untuk memudahkan pembuatan website WordPress dengan Themes dan Plugins default, serta fitur https untuk localhost. Website localhost yang dibuat dabat diakses secara online menggunakan url ngrok.io yang disediakan oleh Local.

 

Saya sendiri sangat tertarik dengan fitur https nya yang tidak dimiliki oleh Xampp / Wamp, serta kemampuan untuk melihat website localhost secara online, yang memudahkan untuk melakukan debugging pada devices lain seperti Smartphone. Sayangnya, saya mengalami kendala dalam instalasi Local by Flywheel pada Laptop WIndows 10, kemungkinan karena masih versi beta sehingga masih  memiliki bug.

 

Setelah selesai membahas dan mengetes langsung Local by Flywheel, Mas Ivan Kristianto juga sharing mengenai Cloud9, sebuah layanan hosting dan coding di awan yang memudahkan developer untuk berkolaborasi secara live. Layanan yang cukup menarik, terutama untuk Project yang membutuhkan developernya untuk berkolaborasi secara intens tanpa perlu menghawatirkan harus setup development environtment masing masing yang tentunya akan menghemat banyak waktu.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan siang di restoran dekat Sakala Coworking Space. Semoga komunitas WordPress Bekasi semakin berkembang dan kedepannya Wordcamp Bekasi dapat direalisasikan.


More Stories

Minggu ke 6 Fase 0 di Hacktiv8

Final live coding yang ditunggu tunggu akhirnya datang juga. Berbeda dari Live coding di minggu minggu sebelumnya, Final livecoding ini Terdiri dari 6 soal wajib dan 1 soal bonus, yang wajib diselesaikan dalam waktu 2 jam. Materinya sih sebenarnya hampir sama dengan yang sebelum sebelumnya, cuma tingkat kesulitan soalnya lumayan meningkat pesat, terutama bagi peserta […]

Fujianto
Fujianto

Minggu ke 5 Fase 0 Hacktiv8

Minggu ke 5 bootcamp di Hacktiv8 diawali dengan start yang lebih bagus dibanding diminggu sebelumnya, dikarenakan Live coding minggu ini hasilnya lebih sukses dibandingkan dengan minggu yang lalu. Materi soal dari Live coding minggu ini bisa dibilang lebih sulit, terutama untuk soal nomor 3 yang butuh untuk menggunakan Object dalam penyelesaiannya. Object sendiri sebenarnya sudah […]

Fujianto
Fujianto