The source code for this blog is available on GitHub.

Blog.

Minggu Kedua Fase 0 di Hacktiv8

Cover Image for Minggu Kedua Fase 0 di Hacktiv8
Fujianto
Fujianto
Posted underEvent

Tidak berasa sudah akhir Minggu aja nih. Minggu ke 2 di Hacktiv8 bisa dibilang dua kali lipat lebih sibuk dibanding Minggu pertama. Pada minggu ke 2 kita mulai belajar JavaScript. Rata rata teman teman disini lebih suka materi minggu ini dibanding yang kemaren, karena lumayan banyak yang tidak suka utak atik css.

Materi JavaScript yang diajarkan sendiri mencakup Variabel, Looping, Function, String dan Array. Bisa dibilang masih tergolong pemrograman dasar. Beberapa teman teman yang backround nya non IT agak kesulitan memahami materi Minggu ini. Terutama mengenai konsep return dalam function.

Selain JavaScript, penggunaan dari Pseudocode juga diajarkan. Walau jarang jarang dipakai, Pseudocode berguna untuk membuat alur bagaimana program nanti nya akan bekerja.

Tugas harian untuk Minggu ke 2 ini lumayan banyak. Satu hari bisa ada 3 sampai task, dimana tiap task nya biasanya ada 4 soal. Selain dari tugas harian biasa, Minggu ini juga ada tugas membuat Applikasi sederhana dengan JavaScript. Tipe program yang dibuat bebas, cuma beberapa yang disarankan itu untuk membuat Quiz, Polling dan Text Adventure. Saya sendiri memilih untuk membuat aplikasi quiz aederhana, karena bisa cepet pembuatannya dan tidak kompleks. Untuk penilainnya sendiri dinilai dari penggunaan syntax yang sebelummnya diajarkan dan juga penulisan Pseudocode bagaimana program berjalan. Saya sendiri agak kesulitan dibagian Pseudocode karena programnya lumayan panjang.

Overall, untuk minggu ke 2 di Hacktiv8 tingkat tantangannya semakin meningkat dan sudah tidak bisa sesantai minggu sebelumnya.

TaggedHacktiv8


More Stories

Minggu ke 6 Fase 0 di Hacktiv8

Final live coding yang ditunggu tunggu akhirnya datang juga. Berbeda dari Live coding di minggu minggu sebelumnya, Final livecoding ini Terdiri dari 6 soal wajib dan 1 soal bonus, yang wajib diselesaikan dalam waktu 2 jam. Materinya sih sebenarnya hampir sama dengan yang sebelum sebelumnya, cuma tingkat kesulitan soalnya lumayan meningkat pesat, terutama bagi peserta […]

Fujianto
Fujianto

Minggu ke 5 Fase 0 Hacktiv8

Minggu ke 5 bootcamp di Hacktiv8 diawali dengan start yang lebih bagus dibanding diminggu sebelumnya, dikarenakan Live coding minggu ini hasilnya lebih sukses dibandingkan dengan minggu yang lalu. Materi soal dari Live coding minggu ini bisa dibilang lebih sulit, terutama untuk soal nomor 3 yang butuh untuk menggunakan Object dalam penyelesaiannya. Object sendiri sebenarnya sudah […]

Fujianto
Fujianto