The source code for this blog is available on GitHub.

Blog.

Pengalaman pertama instalasi Hackintosh di laptop Lenovo G40 70

Cover Image for Pengalaman pertama instalasi Hackintosh di laptop Lenovo G40 70
Fujianto
Fujianto
Posted underRantRants

Belakangan ini saya sedang sibuk belajar mengenai React Native, sebuah platform pengembangan aplikasi cross platform Android dan iOS yang akhir akhir ini sedang naik daun. Saya sendiri sebenarnya sudah cukup mahir dalam pengembangan aplikasi native Java Android, cuma karena ada ajakan dari teman untuk membuat aplikasi crossplatform, akhirnya React Native lah yang dipilih.

Karena saya tidak punya komputer dengan OS Macintosh, akhirnya saya bertahan dulu di Windows untuk develop app nya di Android dahulu. Saat Iseng iseng buka forum Tonymacx86.com, ternyata Laptop saya Lenovo G40 70 sudah support Hackintosh. Akhirnya dengan nekat saya coba install Mac OS El Capitan di harddisk ke dua laptop yang dipasang dengan caddy, yang mengganti tempat nya DVD player. Harddisk nya dibedakan tentu agar Windows yang sudah ada ikutan rusak kalau kalau proses instalasi nya gagal.

Instalasi Mac OS El Capitan lewat jalur tidak resmi Hackintosh ini lumayan ribet dan susah. Jauh lebih ribet dibandingkan saat install Ubuntu Linux. Pembuatan bootable USB nya sendiri sebenarnya harus di Komputer Mac, tapi untungnya nemu cara lain lewat Transmac. Sehabis instalasi OS bukan berarti semua beres, malah tantangan sebenarnya baru dimulai.

Karena Hackintosh ini sendiri bukan OS resmi yang bisa dijalankan di mesin selain buatan Apple, fungsi fungsi dasar Laptop nya jadi banyak yang tidak jalan. Wifi, Audio, Bluetooth dan card reader tidak ada yang jalan sehabis selesai instal OS nya. Pengaturan suara dan brightness layar laptop juga tidak berfungsi. Untuk internet sendiri akhirnya terpaksa pakai kabel Lan / Ethernet supaya bisa download driver / kext dan modifikasi lainnya agar fungsi dasar laptop bisa jalan di Mac.

Setelah begadang sampai jam 2 pagi dan Restart berkali kali, akhirnya fungsi penting seperti Audio dan Brigtness berhasil jalan. Untuk wifi sendsiri terpaksa harus menggunakan Dongle, karena Wifi card bawaan laptop saya tidak support. Dongle Wifi yang saya pakai itu TP – Link TL WN727N. Untuk OS nya sendiri berjalan dengan responsif, bahkan bisa dibilang lebih lancar dari Windows 10. Mungkin karena baru diinstall OS X dan tidak pakai pakai Antivirus seperti Windows.

Untuk performa OS X El Capitan Hackintos nya sendiri saya belum bisa cerita banyak karena masih belum sehari mencobanya, So far sih lancar lancar saja. Seminggu kedepan ini saya mau nyobain untuk make Mac OS untuk mengetes stabilitas nya. Kalau lancar nya konsisten, kemungkinan saya bakalan sering pakai OS X nya nih dibanding Windows 10.

Buat kawan kawan yang mau beli lapto, diusahakan beli Laptop dengan prosesor Intel biar bisa di Hackintosh kedepannya. Lebih bagus lagi beli laptop yang sudah direkomendasi bisa jalan Hackintos nya. Siapa tahu kedepannya ternyata butuh pake Mac OS juga seperti saya.

TaggedDual BootHackintoshLenovo


More Stories

Minggu ke 6 Fase 0 di Hacktiv8

Final live coding yang ditunggu tunggu akhirnya datang juga. Berbeda dari Live coding di minggu minggu sebelumnya, Final livecoding ini Terdiri dari 6 soal wajib dan 1 soal bonus, yang wajib diselesaikan dalam waktu 2 jam. Materinya sih sebenarnya hampir sama dengan yang sebelum sebelumnya, cuma tingkat kesulitan soalnya lumayan meningkat pesat, terutama bagi peserta […]

Fujianto
Fujianto

Minggu ke 5 Fase 0 Hacktiv8

Minggu ke 5 bootcamp di Hacktiv8 diawali dengan start yang lebih bagus dibanding diminggu sebelumnya, dikarenakan Live coding minggu ini hasilnya lebih sukses dibandingkan dengan minggu yang lalu. Materi soal dari Live coding minggu ini bisa dibilang lebih sulit, terutama untuk soal nomor 3 yang butuh untuk menggunakan Object dalam penyelesaiannya. Object sendiri sebenarnya sudah […]

Fujianto
Fujianto